Primadona Kuliner Surabaya : Rawon Setan Surabaya

rawon-setan-surabaya

Rawon yang menurut sejarahnya berdisi sejak tahun 1953 ini merupakan salah satu kuliner terkenal di Surabaya. Rawon ini dibuka oleh Ibu Musyiah. Kenapa dinamakan Rawon Setan? Konon ceritanya, ini didasarkan dengan jam buka rawonnya yaitu pukul 11 malam. Pada tahun 1953, jam 11 malam sangatlah sepi, hanya setan saja yang bergentayangan mencari mangsa hehe.

 

Namun selain setan, ada juga para PSK atau WTS atau wanita malam yang bergerilya mencari tamu untuk teman kencan. Oleh sebab itu, dulu disebut juga Rawon Hostes. Namun Setanlah yang menang, jadinya sampai sekarang banyak yang menyebut nama Rawon Setan.

 

Kenapa sih Rawon ini begitu terkenal ?? Kalau menurut saya sejarahlah yang membuatnya terkenal. Berdiri sejak 1953 dengan resep yang dijaga keasliannya, menjadikan rawon ini begitu terkenal dari kakek nenek, ayah ibu sampai generasi terbaru sekarang. Banyak yang penasaran dengan rasanya, kenangannya dan banyak hal lainnya di warung Rawon Setan ini. Tak heran Rawon Setan ini sangat terkenal dan menjadi jujugan turis yang sedang berkunjung ke Surabaya. Memang, Rawon tidak hanya di Surabaya, tapi jika ke Surabaya, tidak ke Rawon Setan tidaklah afdol. Begitu kata tamu-tamu saya hehe

Sebagai pemandu wisata, sering kali tamu saya minta request kuliner khas. Belum sempat saya kasih penawaran, mereka langsung menyebut Rawon Setan. Dan mereka menyebut rekomendasi teman-teman mereka kalau rawon ini salah satu rawon enak di Surabaya. Saya pasti mengangguk jika menyebutnya salah satu, kalau yang terenak?? Saya pasti menggeleng pelan.

Ada banyak rawon enak di Surabaya selain Rawon Setan. Ada Rawon Pak Pangat yang enak rasanya, Rawon Kalkulator yang heboh cara hitungnya, dan masih banyak rawon enak lainnya di pinggir2 jalan yang tidak bernama. Kalau menurut saya pribadi, Rawon terenak terletak di daerah pasar asem. Namun karena tempatnya yang kurang layak untuk wisatawan, namanya juga tidak ada sejarahnya, maka dia tidak seterkenal Rawon Setan. Hanya rawon biasa-biasa saja namun tamunya tidak pernah sepi sejak buka sampai tutup.

rawon-setan-surabaya

Langsung saja, yang ingin berkunjung ke Rawon Setan, bisa datang ke jalan Embong Malang, depannya Hotel JW Marriot. Di deretan warung-warung yang banyak mobil parkir, disitulah dia berada. Memang rawon setan sekarang ada di beberapa lokasi, namun yang punya sejarah panjang, ya cuma di depan hotel JW Marriot ini.

 

Selamat mencoba

 

 

%d blogger menyukai ini: