SUNSET NAN INDAH DI TANAH LOT BALI


Oleh Mohammad Nurul Rizal

tanah lot 06 

TANAH LOT

Tanah Lot, dua kata ini merupakan kata ajaib bagi orang Bali. Bagaimana tidak, dua kata inilah yang membuat Bali terkenal dan dikunjungi banyak turis baik turis domestik maupun internasional. Memang masih banyak obyek wisata lain di Bali dan bukan hanya Tanah Lot yang membuat Bali ramai turis setiap harinya. Namun disinilah tempat pertama yang terkenal seantero dunia akan keindahan dan keramahan, yang menjadi ciri khas wisata Bali.

Mungkin banyak sekali refrensi akan asal usul obyek wisata ini. Oh iya, Tanah Lot yang dimaksud disini adalah sebuah pura, rumah ibadah orang Hindu. Pura Tanah Lot nama lengkapnya. Pura ini dulu dibangun oleh Brahmana asal Jawa yang bernama Danghyang Nirartha. Karena kebaikan dan perilakunya, banyak orang Bali yang mengikuti Beliau. Hal ini membuat penguasa Bali, Bendesa Beraben, tidak suka. Akhirnya dengan kekuasaannya, dia menyuruh Danghyang Nirartha pergi dari Bali. Beliau pun akhirnya pergi. Namun sebelum pergi, dia memindahkan sebongkah batu ke tepi pantai. Disanalah dia membangun sebuah pura, untuk memuja para dewa laut. Selendang beliau pun dia ubah menjadi ular yang disuruh untuk menjaga Pura dari sang penguasa. Ular ini masih ada dan bisa anda saksikan ketika berkunjung ke Tanah Lot.

Pura Tanah Lot, memiliki keistimewaan yaitu lokasinya yang ada di tepi pantai tapi agak jauh dari daratan. Jika air laut sedang pasang, anda tidak bisa kesana karena jalan penghubungnya terendam air laut. Jika air surut, inilah saatnya anda bisa menuju pura tersebut untuk melihat keindahan, keistimewaannya dan pesan moral serta religius yang ditinggalkannya.

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

SUNSET

Ketika anda datang ke Bali dan berniat mengunjungi Tanah Lot, Anda bisa menginap di hotel sekitar Tabanan. Tapi anda juga bisa tinggal di hotel daerah Denpasar dan Kuta. Karena waktu tempuh yang tidak terlalu jauh. Jarak saat ini bukanlah suatu masalah karena mengunjungi Tanah Lot bisa diseting waktunya. Dan waktu yang paling bagus adalah sore hari. Disinilah anda bisa saksikan sunset yang luar biasa indah

Sunset bisa anda temukan dimana saja. Namun kalau anda penyuka fotografi, spot yang indah bukanlah sesuatu yang mudah anda temukan dimana saja. Hanya ada beberapa lokasi saja yang menyajikan spot-spot terbaik. Anda mungkin sering dan rutin melihat sunrise dan sunset berlalu begitu saja setiap hari di tempat anda, terutama anda yang bekerja di kota besar. Namun di beberapa tempat yang khusus tersebut, sunrise dan sunset begitu luar biasa indah. Mungkin agak lebay jika saya katakan bahwa di tempat-tempat tersebut mungkin nuansa romantis, indah dan kegembiraan luar biasa menyatu padu menjadi sebuah rasa yang tidak bisa anda gambarkan.

Matahari yang diciptakan Tuhan begitu tampak sempurna dan indah. Dan Tanah Lot ini adalah salah satu spot terbaik yang bisa anda abadikan untuk melihat sang matahari terbenam. Ditemani pasangan, sahabat, keluarga dan teman adalah momen yang tidak bisa anda lupakan

Informasi sekitar Tanah Lot yang mungkin anda perlu ketahui, bahwa jarak dari parkiran ke lokasi pura Tanah Lot ini kurang lebih 500 meter. Sepanjang jalan menuju lokasi, ada banyak toko yang menjual cinderamata dan makanan minuman. Jadi jangan khawatir jika anda lelah atau ingin menikmati keindahan Tanah Lot ini dengan lebih khusus dan berkesan. (MNR-2014)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: