Bisnis Digital Printing itu Mudah dan Gampang


A starjet eco solvent

Bisnis Digital Printing itu Mudah dan Gampang

By Emen Rizal

 

Menjadi wirausaha yang sukses adalah impian setiap orang.  Namun tidak semua orang bisa menjadi wirausahawan sukses. Banyak rintangan dan cobaan untuk menjadi wirausahawan sukses. Diperlukan banyak usaha keras dan pantang menyerah untuk mencapai tahap tersebut.

Begitu pula dalam usaha digital printing. Usaha ini sangat menggiurkan terutama di musim Pemilu. Namun perlu diketahui, membuka usaha digital printing tidaklah mudah seperti kelihatannya. Digital printing bukan hanya mesin, desin grafis, operator dan lain sebagainya.

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa digital printing sendiri terbagi menjadi 3 bagian berdasarkan jenis mesinnya. Yaitu digital printing indoor, outdoor dan ecosolvent. Perlu tahu jenis mesin yang digunakan adalah hal yang penting karena dengan membeli mesin jenis tertentu, tentu saja kita akan tahu segmen pasar mana yang akan anda masuki. Mari kita bahas hal ini satu persatu.

Digital printing Indoor

Mesin indoor selama ini identik dengan hasil yang bagus dan beresolusi tinggi. Bahan yang dicetak menggunakan mesin indoor dijamin akan bagus. Namun hal ini mengakibatkan harga jualnya mahal. Kenapa ?? karena mesin indoor rata-rata hires (high resolution). Dengan settingan yang hires, tentu saja akan menghabiskan banyak tinta juga. Sedangkan harga tinta indoor yang berkualitas bagus lumayan mahal. So tidak salah, jika harga printingan indoor menjadi mahal. Harga tinta per m2 untuk indoor adalah (kurang lebih) Rp. 4.000,00.

Info : Mesin Indoor sampai saat ini HANYA bisa untuk melakukan printing di 8 macam bahan.

Digital Printing Outdoor

Mesin Outdoor hadir untuk menanggulangi masalah (kelebihan) mesin indoor. Mesin outdoor bisa print dengan hasil lebih murah dari mesin indoor. Namun, hasil printingannya tidak sebagus (jelek) dibandingkan hasil printingan mesin indoor. Selain karena head printing mesin outdoor yang lebih besar (15-50 PL), tinta yang digunakan juga mempunyai bauran yang lebih kasar juga.

Printingan outdoor murah karena : tintanya yang lebih murah!! Per m2 HANYA perlu Rp. 800,00 saja. Sangat murah bukan. Makanya banyak pemain baru yang buka digital printing selalu beli mesin outdoor. Selain banyak customernya, perawatan yang mudah dan harga tinta yang murah, menjadi salah satu pertimbangan. Namun kembali lagi, segmen mana yang anda tuju perlu dipertimbangkan kembali. Tiap mesin mempunyai segmen sendiri-sendiri.

Memang pasar outdoor digital printing sampai saat ini adalah yang paling besar. Namun ingat, pertempuran di pasar ini sangat sengit. Banyak pemain besar ada disini. Jika anda tidak kuat modal (padahal masuk ke pasar sini karena modal yang kecil), anda akan tersisih dengan sendirinya. Namun jangan khawatir, dengan kreatifitas anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipt disini. Yang penting beli mesin yang tepat dan bandel ya hehehe. Karena saya penjual leopard, ya leopardlah yang paling bagus😉

Info : Mesin Outdoor sampai saat ini HANYA bisa untuk melakukan printing di 6 macam bahan.

Digital Printing Ecosolvent

Inilah mesin yang hadir untuk menghadapi kelemahan di dua segmen diatas. Solusi bagi anda yang bingung dengan pasar yang semrawut di bidang digital printing.

Eco Solvent adalah perpaduan antara indoor dan outdoor. Dengan mesin ini anda akan mendapatkan hasil printingan mendekati hasil printingan indoor yaitu sangat bagus dan detail. Pun harganya hampir mendekati harga hasil printingan outdoor, sangat murah sekali. Info saja, tintanya per m2 menghabiskan Rp. 2.000,00.

Namun banyak yang berhenti disini. Kenapa saya katakana berhenti karena begitu mereka saya beritahu hal ini, mereka hanya focus untuk memadukan indoor dan outdoor saja. Padahal kekuatan mesin ini bukan hanya disini. Kelebihan diatas adalah salah satu saja kehebatan mesin ecosolvent. Yang lain, mari kita bahas satu persatu.

Mesin Eco Solvent bisa melakukan print di 30 macam bahan, bahkan saat ini sudah mendekati 35 macam bahan. Jadi bagi anda yang mempunyai mesin ecosolvent, sangat ironis jika anda hanya bermain di 3-5 macam bahan saja. Karena dengan perhitungan bagaimanapun, 30 macam bahan lebih banyak menghasilkan keuntungan daripada 5 macam bahan. Betul??

Selain bisa print di 6 macam bahan outdoor, 8 macam bahan indoor, anda juga bisa print di 16 bahan ecosolvent itu sendiri. Seperti tulisan saya sebelumnya, anda bisa main di dunia asesoris, Even Organizer dan lain sebagainya.

Jadi semua tergantung segmen pasar yang anda tuju. Selain itu modal yang cukup, strategi marketing yang bagus juga akan membantu kesuksesan anda sebagai wirausaha. So, tunggu apalagi, segera beli mesin digital printing. (Emen Rizal Feb 2013

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: