Beli Mesin Eco Solven A-Starjet 3,2 M HANYA Untuk Print Banner Saja ?


A starjet eco solvent

Beli Mesin Eco Solven A-Starjet 3,2 M HANYA Untuk Print Banner Saja ?

Oleh : Emen Rizal

 

 

Tulisan kali ini untuk menyadarkan para pembeli mesin ecosolvent untuk kembali ke jalan yang benar hehe. Karena di lapangan banyak sekali yang punya mesin eco solvent dan banyak sekali yang belum bisa memanfaatkan mesin tersebut, maka perlu sekali saya bahas hal ini.

Mesin Eco solvent adalah mesin yang mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh mesin indoor dan outdoor. Mesin Eco Solvent bisa mencetak dengan kualitas gambar hires dengan harga yang murah mendekati biaya cetak mesin outdoor. Dari kelebihan ini kita tahu bahwa mesin ini sangat rugi jika hanya dipake untuk cetak wilayahnya indoor atau outdoor saja. Lebih rugi lagi jika merasa mesin ini bisa bertarung dengan mesin outdoor dalam hal harga!!

Dalam bisnis, kita harus paham dengan yang namanya segmentasi. Segmen mana yang kita tuju dan akan dimasuki. Setelah menemukan segmen yang cocok baru kita bidik mereka dan buat target penjualannya. Masalahnya adalah banyak sekali yang tidak paham segmen yang mereka tuju sehingga pada akhirnya target yang mereka buat tidak pernah tercapai.

 

Jadi, segmen mana yang dituju oleh mesin ecosolvent ?

Berdasarkan pengalaman di lapangan, ecosolvent sudah punya pasar sendiri. Pasar yang susah dimasuki pasar indoor maupun outdoor saat ini yaitu pasar yang tercipta karena mesin eco solvent itu sendiri. Pasar yang dimaksud seperti : pasar asesoris hape dan laptop, interior desain, branding motor dan mobil, perusahaan tas dan sepatu, perusahan payung dan sebagainya.

Sedangkan yang indoor dan outdoor rata-rata berfokus pada industri percetakan saja. Yang mana orang sudah bisa memilih sendiri mau pakai indoor dan outdoor. Intinya kalau mau hasil bagus , cetak indoor aja. Tapi kalau butuh banyak dengan biaya murah, dengan kualitas gambar tidak terlalu penting, cetak outdoor saja.

Namun hal itu juga bukan masalah jika anda tetap masuk di ranah indoor dan outdoor. Sejak awal sudah saya katakana bahwa mesin ini mesin handal. Jadi dia bisa libas konsumen indoor dan outdoor. Dengan pelatihan yang benar di bagian Front Office kantor, anda akan bisa menggaet pasar indoor dan outdoor. Salah satu cara dengan menggiring customer untuk focus pada harga dan kualitas gambar namun harga terjangkau. Dijamin, customer akan ke tempat anda !!

Kenapa harus berlomba cetak banner berbahan fleksi ??

Pertanyaan diatas wajar saya tanyakan karena sampai saat ini orang beli mesin, baik indoor outdoor atau eco solvent, hanya untuk cetak banner/spanduk dengan bahan fleksi saja. Alasannya simple, karena kebanyakan orang datang ke digital printing hanya untuk itu. Padahal sebelum digital printing marak, kerjaan ini lebih sering dikerjaan percetakan sablon. Tapi saat waktu perubahan tiba, pecetakan sablon mulai ditinggalkan karena berbagai alasan.

Sekarang kita hitung dengan cermat bila mengerjakan banner atau spanduk dengan bahan dasar fleksi.

a)      Banner mesin outdoor

Bahan dasar fleksi di pasaran kita patok Rp. 4700/m. Untuk tinta nya kurang lebih 800/m2. Sedangkan biaya operasional (listrik, air telpon, karyawan dll) kurang lebih Rp. 3000/m2. Jadi totalnya 8.500 (HPP). Kalau dijual Rp 11.000/m2 untungnya kurang lebih 2.500. Kalau anda pengincar untung yang sedikit tapi uter terus, untung segini tidak apa-apa. Namun bagi anda penghobi untung besar, sangat rugi sekali

b)     Banner mesin ecosolvent

Terlebih lagi jika anda menggunakan mesin ecosolvent, harga makin mahal.Bahan dasar kertas sama yaitu Rp. 4700/m. Sedangkan tintanya Rp. 2200/m2. Untuk biaya operasional kurang lebih Rp. 5000/m2. Jadi totalnya Rp. 11.900/m2. Untuk ecosolvent di pasaran, harganya Rp. 15.000/m2. So, untung 3.100/m2. Untungnya sangat kecil bukan??

Seandainya kita focus pada bidang yang seharusnya dikerjakan oleh mesin eco solvent,tentu anda bisa dengan cepat beli mesin lagi baik mesin indoor, outdoor atau UV.

JIka anda mencoba fokus pada branding mobil, dimana pasarnya saat ini sedang booming, tentu anda tidak perlu susah payah membayar cicilan mesin ini. Harga branding di pasaran antara 100.000 sampai dengan 120.000. Oke, misalnya anda memjual dengan harga 120.000 berapa keuntungan anda?? Harga bahan stiker sunblas di pasaran kurang lebih Rp. 16.000/m. Tinta ecosolvent RP. 2200/m2 sedangkan biaya operasional kurang lebih Rp. 5.000/m2. Totalnya Rp. 23.200/m2 atau kita bulatkan Rp. 25.000/m2. Untungnya Rp. 75.000 atau hampir 300%!!! Dengan keuntungan itu, anda bisa balik modal dalam hitungan bulan saja. Betul ??

Contoh lainnya adalah asesoris hape atau laptop. Misal saja cover hape atau BB. Untuk HPPnya 1 cover hape kurang lebih Rp. 2.000 sedangkan harga jualnya antara 25.000 – 30.000/cover. Untungnya jauh mengungguli untungnya banner atau spanduk.

Tapi pasarnya kan sedikit? Siapa bilang? Siapa sih yang tidak punya hape atau blackberry sekarang? Banyak sekali. Tinggal bagaimana anda menjaring mereka agar mau print di tempat anda. Kalau pun end user sedikit, anda bisa main ke perusahaan seperti Blink atau sejenisnya.

Pasar branding mobil bagaimana? Sangat menggiurkan sekali. Banyak sekali mobil perusahaan yang ingin dibrandingkan. Ini pasar yang cukup bisa berkembang. Kembali lagi semua tinggal anda yang mengembangkannya.

Pasar banner memang besar namun pemainnya sangat banyak sekali. Ibarat kue manis, memang sangat menggiurkan namun ingat bahwa yang mengincar kue tersebut bukan hanya anda. Banyak yang lainnya seperti ratusan pemain outdoor, pemain indoor dan offset.

Jadi, apakah anda masih mau main banner saja ??

 

 

(Emen Rizal, February 2013)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • handi  On Mei 5, 2013 at 1:08 pm

    Rul enek garapan nek iso secepatnya kontak aku, 085399187911
    Koncone kene dewe sing njaluk tolong je

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: