Duuuh (Senang) Susahnya Berbisnis Klinik Kesehatan!!


Membuat klinik saat ini mudah-mudah susah. Mudah, asal punya modal dan kemauan untuk berwirausaha. Susah, jika tidak punya modal dan kemauan untuk berkembang. DIsini terlihat dua factor utama, Modal dan Kemauan. Menurut saya factor utama untuk menjadi wirausaha adalah Kemauan. Kenapa? Ayo kita kupas satu persatu

 

Duuuh (Senang) Susahnya Berbisnis Klinik Kesehatan!!

Emen Rizal

Membuat klinik saat ini mudah-mudah susah. Mudah, asal punya modal dan kemauan untuk berwirausaha. Susah, jika tidak punya modal dan kemauan untuk berkembang. DIsini terlihat dua factor utama, Modal dan Kemauan. Menurut saya factor utama untuk menjadi wirausaha adalah Kemauan. Kenapa? Ayo kita kupas satu persatu

  • KEMAUAN

Kemauan adalah suatu modal yang dipunyai oleh siapapun. Baik orang kaya dan orang miskin. Orang Baik dan orang jahat. Orang beruntung dan orang sial. Pokoknya semua orang punya modal satu ini. Nah besarnya modal tergantung masing-masing orang. Makin diasah, modalnya makin besar. Kalau dibiarin ya makin kecil alias makin ilang. Nah modal inilah yang menjadi modal utama untuk sukses.

Kemauan yang keras untuk sukses menjadi jalan utama keberhasilan. s

  • MODAL

Modal yang kedua ini adalah modal dalam bentuk barang atau uang. Bisa rumah, bisa uang cash, bisa kredit bank, atau sumber keuangan lainnya. Namun modal ini bukanlah modal utama. Emang banyak yang mengeluh ketika pertama kali usaha atau mencoba usaha, tidak punya modal baik barang atau uang. Dan akhirnya tidak jadi berusaha. Namun kalau modal kemauan itu sudah besar dan memang modal kemauan ini yang sangat menentukan, maka wirausaha pasti jadi. Ketiadaan modal uang bisa diakali dengan joint atau bergabung dengan orang lain yang mempunyai modal besar tapi tdk punya modal kemauan atau manajemen. Tidak punya rumah untuk usaha, bisa diakali dengan meminjam atau menyewa ke orang dengan barter keuntungan jika memeng kita gak ada dana untuk menyewa. Pokoknya ada 1001 cara untuk memulai usaha asal punya modal kemauan yang besar.

Oke, dua hal itu sudah kita kupas. Sekarang apa yang harus dilakukan untuk membuat klinik (masih yang profit ya). Biar lebih mudah aku akan jabarkan dalam bentuk langkah jitu.

  1. Langkah Awal Menentukan Kesuksesan

Memulai suatu cita-cita adalah dari mimpi. Mimpi yang besar akan menghasilkan hasil atau kesuksesan yang besar juga. Namun tentu butuh investasi (kata Mario teguh, tidak ada pengorbanan untuk kesuksesan, adanya investasi kesuksesan) yang besar pula. Nah untuk mencapai mimpi mempunyai Klinik yang besar dan terbaik di lokasi yang telah kamu pilih, tentu dimulai dari perencanaan yang matang. Apa saja perencanaan awal ini.

  1. Jenis Klinik

Klinik yang akan dibangun tentu harus punya keunikan. Karena tanpa keunikan, tentu saja tidak akan ada artinya. Jika klinik anda hanya didirikan seperti yang biasa-biasa saja, melayani orang sakit. Hanya itu saja, lebih baik tidak usah buka klinik. Karena itu hanya akan bertahan beberapa tahun saja dengan pemasukan yang biasa-biasa saja. Tidak akan bisa besar apalagi bertahan lama.

Oleh karena itu diperlukan keunikan atau kekhasan klinik anda. Kekhasan anda bisa dimulai dengan segmen klinik anda. Misalnya Klinik Gigi anda khusus untuk anak muda saja, orang tua, wanita, atau orang-orang yang tidak mampu. Atau dari sisi harga. Nah harga itu tentu sangat variatif. Jangan terlalu sering diskon. Namun kalo diskon itu dilakukan selamanya, terus menerus, bisa jadi keunikan. Buatlah tagline: Klinik yang selalu Diskon setiap hari. Tentu saja anda benar-benar diskon, bukan harganya dinaikanbaru didiskon, itu sama saja membohongi pasien anda. Tapi kalau mau aman dengan harga, anda bisa variasikan dengan harga yang terjangkau dengan segmen pasien anda, namun anda juga memberikan plus bagi mereka. Misalnya dengan sistem cicilan atau bonus. Intinya di level ini anda harus pastikan mau seperti apa klinik yang ingin anda buat. Jangan melangkah dulu baru menentukan. Karena kalo konsepnya datang belakangan, bisa membuat anda kecewa, karena klinik anda tidak sesuai dengan cita-cita atau mimpi anda.

  1. Jenis Kepemilikan atau Modal usaha

Nah ini masalah yang pelik. Modal selalu menjadi alasan klasik untuk memulai usaha. Aduh, modalku masih kurang. Atau, aku nggak punya modal sama sekali. Ingat!! Anda masih punya modal kemauan. Kalau modal ini besar, modal uang atau barang bisa menyesuaikan. Tidak ada uang atau barang pun, asal ada kemauan masih bisa jalan kok. Kemauan ini akan merangsang otak anda untuk berfikir bagaimana memulai usaha anda itu.

Oke. Saya punya beberapa ulasan mengenai modal kepemilikan. Kalau uang anda banyak dan cukup untuk membuat klinik, ya silahkan segera buat sesuai keinginan anda. Nah jika modal duitnya ada, namun kesusahan dengan lokasi. Salah satu strateginya ya anda bisa joint dengan dokter lain atau pemilik usaha lainnya atau rumah yang memang disewakan. Alternatif pertama, kerjasama dengan dokter lain, anda bisa lakukan dengan catatan, anda harus bisa menyesuikan dengan visi dan misi dokter yang ajak anda bergabung. Kalo cocok ya nggak masalah. Kalo tidak cocok, ya sebaiknya cari pasangan dokter yang cocok. Alternatif kedua, bekerja sama dengan pemilik usaha lain. Misalnya pihak apotek, klinik kecantikan, kafe, salon, dan yang lainnya. Justru inilah kesempatan unik yang bisa menguntungkan. Kenapa? Karena customer atau pelanggan mereka bisa masuk ke tempat anda tanpa anda harus melakukan joint promotion dengan usaha lain tersebut. Yang ketiga, menyewa rumah atau ruko kosong. Kalo yang terakhir ini, anda bisa langsung menempatinya, mengisi dan mendisain tempat atau klinik anda sesuai dengan keinginan anda. Dan tentu modalnya lebih besar. Tapi anda punya kesempatan untuk menawari dokter atau pemilik usaha lain untuk bergabung. Jadi alternatif pertama dan kedua dibalik di alternatif ketiga ini.

Tapi bila anda tidak punya uang yang cukup, tidak punya tempat atau rumah untuk klinik, apa yang harus dilakukan? Ingat dunia tidak akan kiamat jika anda menghadapi situasi ini. Anda cukup yakin aja dengan modal kemauan anda. Ini adalah modal utama dan gratis. Anda cukup melakukan sedikit kerja keras. Anda harus telaten menghubungi orang atau mencari investor untuk membiayai klinik anda, tentunya dengan anda pemiliknya dengan saham yang kecil tapi tetep anda punya hak kepemilikan. Tapi bagaimana mereka mau? Tentu keunikan dan visi misi klinik anda harus benar-benar beda. Jelaskan mengenai hal itu dan juga prospek klinik anda ke depannya. Kalau memang berprospek, para investor ini tentu mau bergabung. Anda tidak bisa berpresentasi? Dengan berkali-kali bertemu investor, akan membuat anda terlatih. Jadi jangan pernah malu untuk menemui mereka.

  1. Lokasi

Lokasi memang menentukan tapi tidak sangat menentukan. Lho? Iya, beberapa orang sangat fanatik dengan lokasi namun tidak semuanya. Lokasi menentukan profit, gitu kata beberapa orang yang fanatik. Namun itu tidak mutlak. Lokasi yang kurang bagus namun dokter yang kualified, bisa membuat pasien berduyung-duyung ke tempat anda. Lokasi yang kurang bagus, servis atau jenis klinik yang beda, bisa juga membuat pasien memburu klinik anda. Jadi disini bisa lokasi tidak sangat menentukan tapi masih dibutuhkan untuk positioning anda. Jangan lupa, perhatikan radius anda. Jika 50 meter sudah ada klinik lain, apalagi membidik segmen yang sama, sebaiknya anda cari lokasi lain. Namun jika klinik itu bermain di segmen yang berbeda, jangan takut. Masuk dan bersainglah secara sehat karena segmennya beda.

  1. Bangunan Klinik, Cerminan Masa Depan

Bangunan klinik saat ini sedikit banyak menentukan kesuksesan anda. Dan masalah fisik bangunan ini, tergantung juga dengan segmen anda. Jika anda menyukai segmen yang menengah bawah, membidik pasar orang-orang tidak mampu, tentu anda cukup membuat klinik yang simple saja. Jangan yang murahan. Bersih, pelayanan cepat, harga murah, obat generik tapi asli, cukup bisa menarik orang-orang dari segmen ini. Mereka akan berduyung-duyung ke lokasi anda bila anda menjalankan secara konsisten.

Kalau anda membidik segmen menengah, kelas para eksekutif muda, sebaiknya buat bangunan yang minimalis, modern, dan nyaman. Buatlah kesan mereka sedang melakuakn terapi di lokasi yang sesuai dengan imej mereka.

Apabila segmen yang anda bidik adalah segmen orang tua, sebaiknya desainlah dengan model yang simple, homely, tidak banyak pernak-pernik. Orang tua lebih suka yang simple, tapi nyaman sekali. Mereka ingin merasakan suasana yang seperti di rumah. Mereka sangat tidak menyukai suasana yang beda dengan rumah mereka. Jadi inilah hal-hal yang perlu anda perhatikan jika anda hendak mendesain klinik anda.

  1. Biaya-Biaya Operasional

Bila klinik anda sudah berdiri alias duah menjalankan 2 langkah awal diatas, maka tahap selanjutnya adalah operasional awal. Jika anda mengkalkulasi mendirikan klinik butuh 70 juta, jangan lupa, kalkulasikan biaya operasional klinik untuk 6 bulan ke depan. Siapkan dana cadangan untuk hal ini karena perawat, asisten apoteker, administrasi, keuangan dan office boy juga butuh gaji. Mereka bukan kerja sosial di tempat anda. Memang untuk efisiensi, anda hanya perlu 1-3 orang saja. Itu terserah anda, namun ingatlah misi awal anda. Intinya anda harus menyesuikan visi dan misi anda ketika klinik ini belum berdiri.

Anda juga harus menyiapkan biaya-biaya lainnya. Ada biaya fix anda variabel. Biaya listrik, air, telepon, kebersihan, keamanan, pajak, obat, bahan habis pake, alat-alat khusus, marketing dan sebagianya. Jadi setelah klinik anda berdiri, anda sudah bisa tersenyum lebar. Justru saat anda opening klinik anda, saat itulah anda sedang menabuh genderang perang dengan musuh-musuh atau kompetitor anda.

  1. Sistem Manajemen Klinik

Klinik sudah berdiri, maka selanjutnya adalah mengisi klinik anda dengan sesuatu. Nah sesuatu itu ada beberapa macam.

  1. Sumber Daya Manusia

SDM adalah posisi yang sangaat penting. Investasi terbesar adalah manusia. Dengan manusia yang handal, yang mengerti hak dan kewajibannya, bekerja berdasarkan jobdiscnya, maka klinik anda dipastikan akan berkembang sesuai visi dan misi anda.

Namun semua tak semudah itu. Dengan potensi menjadikan sebuah perusahaan menajdi besar, SDM ini juga berpeluang paling besar menjadikan perusahaan anda hancur lebur jika mengelola mereka dengan salah.

Diperlukan SENI untuk mengendalikan mereka, SENI untuk mempengaruhi mereka mencapai tujuan anda. Merekalah orang yang harus anda pegang teguh, karena dengan memiliki sumber daya handal, anda bisa dengan tenang menjalankan klinik anda menuju kesuksesan.

Beberapa orang lebih suka menginvestasikan uangnya untuk membeli modal besar ini dengan harga yang murah. Alasannya karena klinik anda masih kecil, karena masih belum banyak pasien, atau alasan-alasan lainnya. Memang untuk skala kecil, tenaga yang punya skil pas-pasan memang cocok untuk anda, namun jangan jadi sebuah kebiasaan. Maksudnya, mereka juga berkembang. Gajilah sesuai kelayakan mereka. Jangan memilih tenaga kerja baru lagi, yang belum teruji kemampuan dan kredibilitasnya. Lebih baik membayar mahal untuk tenaga kerja andalan kita (namun dengan harga yang sesui dan standar harga pasaran untuk kualifikasi handal), daripada membayar tenaga baru, yang harus dilatih, menyesuaikan ritme dan sistem kantor. Jatuhnya juga sama.

Namun hal ini terkadang juga membuat mereka diatas angin. Gampang, masalah ada untuk dipecahkan, walaupun sesulit apapun. Anda cukup mencari orang yang sepadan untuk mengambil pelajaran dari dia. Sistem kompetisi dibuat sesehat mungkin, hal inilah sebenarnya yang bisa mengendalikan gaji mereka.

  1. SOP dan sistem perusahaan

Untuk bekerja maksimal diperlikan sistem yang handal untuk mengaturnya. Karyawan atau anak buah anda adalah orang dewasa yang mempunyai pikiran indah di masa depan. Mereka bukan anak kecil yang harus diatur dengan dibentak atau dipukuli. Berilah mereka aturan atau biasa disebut SOP (Standard Operational Prosedur). Dengan SOP yang jelas, mereka menjadi tahu pekerjaan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semeseter sampai tahunan mereka. Biasakanlah mereka bertanggungjawab terhadap pekerjaan nya.

SOP yang baik adalah SOP yang jelas, tidak ada bias penafsiran, akomodir, dan menyelamatkan banyak pihak. Jadi kalau SOP anda belum memenuhi syarat diatas, sebaiknya direvisi saja hehehe

Sistem perusahaan atau budaya perusahaan juga penting. Budaya perusahaan yang bagus, sangat membantu kepribadian karyawan anda. Budaya saling menghormati, kekeluarga, disiplin kerja atau budaya malu korupsi, adalah beberapa contoh budaya perusahaan yang baik. Nah budaya ini bisa anda ciptakan. Bahkan kalau sampai budaya ini terkenal, maka ini berdampak baik untuk anda. Misalnya dengan budaya itu maka karyawan-karyawan terbaik di tempat lain akan tertarik dan bergabung dengan anda.

Sistem perusahaan dan SOP yang bagus akan menentukan keberlanjutan klinik anda. Siapapun penerus atau pewaris tongkat bisnis klinik anda, akan dengan mudah meneruskan visi dan misi klinik anda. Jadi seriuslah dengan sistem perusahaan dan SOP anda.

  1. Marketing

Suatu usaha dikatakan sukses bila bisa mendatangkan profit. Profit ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa dalam bentuk uang, barang, atau yang lainnya. Nah salah satu cara untuk mendatangkan keuntungan adalah dengan berpromosi. Dalam bahasa usaha promosi ini adalah marketing. Marketing itu bisa Selling, bisa Collecting, bisa Publik Relation, bisa bermacam-macam. Karena setiap usaha orang untuk mempromosikan klinik anda, adalah sebuah tindakan marketing, maka anda harus benar-benar menyetting sebuah pemasaran tentang klinik anda dengan jitu dan benar.

Klinik itu dikenali dari keunikannya. Memang sampai saat ini peran seorang dokter begitu kuat. Namun hal ini sudah bisa dipatahkan dengan sistem klinik yang begitu kuat. Klinik yang bagus adalah klinik yang diingat karena klinik itu sendiri, bukan karena dokter A atau dokter B. Namun jika klinik itu karena dokternya ramah-ramah (bukan menyebut nama dokternya), perawatnya baik-baik dan pengertian, pelayanannya cepat dan tidak ribet, tentu akan menjadi sebuah keunggulan yang patut dijual.

Nah tugas seorang marketerlah itu semua. Marketer ini tidak harus orang yang berprofesi sebagai marketing klinik, tapi semua bagian wajib menjadi marketing. Mereka harus menjual Klinik anda. Menjual artinya adalah mengkomunikasikan strategi marketing yang sudah disepakati ke customer. Ini lebih murah tapi juga berdampak hebat bagi karyawan anda. Mereka akan tahu bahwa klinik anda berorientasi bisnis seperti apa. Nah untuk strategi, serahkan saja pada ahlinya jika anda tidak menguasainya. Bayarlah konsultas marketing atau konsultan bisnis anda untuk merancang strategi pemasaran terbaik untuk klinik anda itu.

  1. Keuangan

Keuangan menjadi opsi terakhir untuk manajemen klinik anda. Keuangan memegang sentra penting karena tanpa keuangan, anda akan terancam bangkrut. Tanpa perencanaan keungan yang baik, anda akan gulung tikar di bisnis ini. Anda harus benar-benar menghitung modal bisnis anda dan berapa kekuatan anda untuk tetap survive dibisnis ini. Tidak usah memaksakan diri jika anda tidak mampu untuk bertahan dibisnis ini. Lebih baik anda berhenti sementara daripada anda mati karena bisnis anda berdarah-darah.

Nah Keuangan yang baik adalah keuangan yang tepat dan tahu mengalokasikan anggaran berdasarkan strategi utama perusahaan. Keuangan anda harus berani berdebat dengan anda jika taktik anda terlalu memborokan uang perusahaan. Sejak klinik anda berdiri, mempunyai anak buah, punya visi dan misi, sejak itu pula anda adalah karyawan di perusahaan anda itu sendiri. Anda harus memposisikan anda layaknya karyawan lain, yang mau dikritik, mau menerima saran dari bawahan anda. Dan saran keuangan yang baik adalah saran untuk membangun usaha anda menjadi lebih baik.

Jadi itu adalah beberapa panduan jika anda ingin membuat klinik. Memang masih kurang banyak tapi itu sudah cukup untuk mengarungi rimba persilatan dunia bisnis klinik. Nah diulasan saya berikutnya saya jelaksan dengan detail biaya yang diperlukan, aturan dan lain-lainnya berdasarkan langkah-langkah diatas.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • Bangri  On April 14, 2012 at 2:20 am

    Mana terusannya tentang biaya yang diperlukan, aturan dan lain-lainnya berdasarkan langkah-langkah diatas.

    • emenrizal  On Januari 10, 2013 at 4:05 am

      Maaf terusannya masih belum saya update karena beberapa kesibukan tapi saya janji akan segera menguploadnya.. hehehe

  • karsito wong samin  On April 29, 2014 at 1:00 pm

    matur thank you atas pencerahan serta pengetahuan ttg seluk beluk mendirikan klinik semoga berguna bagi kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: