Motivasi adalah nafas hidup manusia


Oleh: Emen Rizal

 

Pernahkah kita sadar bahwa manusia dari tahun ke tahun, dari waktu ke waktu, terus mengalami perubahan, mengalami perkembangan, entah itu makin buruk atau makin bagus, tergantung dari mana kita melihatnya, tapi manusia pasti berubah.

Sejak Adam pindah ke bumi sampai sekarang manusia terus mengalami perubahan. Dari model berburu, mencari makan langsung ke kehidupan, seperti mahluk hidup saat itu yang ada (binatang), kemudian bercocok tanam, menetap , teruuus berkembang seperti sekarang , yang sedemikian maju baik dalam hal positif dan negatif juga tentunya.

Dan perkembangan itu karena adanya motivasi untuk lebih baik, bertahan hidup atau memenuhi kewajibannya sebagai seorang manusia, yang berguna bagi alam semesta. Motivasi adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Meningkat rasa pede kita akan sesuatu.

Dulu aku selalu berfikir tentang kehebatan seseorang yang memegang jabatan sebagai pimpinan perusahaan. Apalagi dengan pencitraan seorang pemimpin di media bahkan cerita dari orang tua tentang hebatnya seorang pemimpin.

Dan aku tidak pernah berfikir tentang menjadi pemimpin. Aku hanya berfikir bagaimana menjadi yang terbaik di bidangku dan dikeahlianku. Itupun aku butuh bantuan dari banyak orang. Yang jelas adalah orang tuaku, yang membimbing dan memotivasiku sesuai dengan kemampuan mereka. Karena mereka agamis, motivasinya lebih condong ke rohani . Guruku, mereka mengenalkan aku ke dunia luar tentang motivasi percaya diri akan kemampuanku. Padahal sampai sekrang aku hanya mengetahui kemapuanku (kira-kira) sesuai dengan penilaian orang luar.

Dan setiap kali aku jatuh, motivasi inilah yang muncul pertama kali. Sebenarnya ada dua yang muncul saat aku jatuh, motivasi dan perasaan menyerah!! Motivasi ini selalu membuatku kuat , mendorongku untuk lebih tinggi berusaha, pantang menyerah dan berjuang sekuat tenaga untuk mencapai tujuanku. Sedangkan perasaan menyerah, dia memintaku untuk berhenti, stop, tidak usah meneruskan usaha ini dengan berjuta-juta alasannya.

Namun aku selalu punya jurus untuk ini. Setiap aku jatuh, motivasi yang pertama muncul adalah: “Orang yang berhenti berusaha tidak akan pernah menang karena orang yang menang tidak pernah berhenti berusaha!!” Dan alhamdulillah, aku langsung bangkit lagi. Apakah tujuanku langsung tercapai. Hohohoho tentu saja tidak, masih jauh dan semakin jauh. Tapi bukankan perjalanan itu makin mengasikan kalau perjalanan itu makin panjang dan penuh warna. Aku yakin anda tertidur jika sepanjang perjalanan hanya dataar saja, luurus tanpa halangan.

Prinsipku, masalah itu akan datang, cepat atau lambat. Mau kita terus atau berhenti menempuh tujuan tertentu, suatu saat si masalah ini akan muncul juga. Solusinya? Semakin kita ramah terhadapnya, makin cepat dia pergi.

Jadi, motivasi adalah sahabat sehati seorang manusia, tinggal sifat motivasi itu sendiri baik atau jahatkah dia? Karena tanpa motivasi, manusia tidak ada!!

Emen Rizal, 1 April 2011

 

 

 

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

