Jadi, Kopi Apa Yang Anda Minum Hari Ini?


“kubongkar-bongkar tulisanku yang lumayan banyak namun jarang kumuat karena memang tidak sempat dimuat hehehe. Yah ini tulisanku jaman kuliah dan suka ngilang ke gunung. Walo jelek tapi bangga. Kayak moto jogger: JOGER JELEK… hehehe” Em En Rizal


Setelah menulis artikel tentang kopi joss dan banyaknya tanggapan yang bermunculan dan sangat beragam, akhirnya aku memutuskan untuk menggali lebih dalam apa kehebatan kopi dan segala hal yang berbau kopi.

Pertama, aku langsung browsing dan mencari informasi di internet, majalah (baik baru ataupun bekas made in jl semarang), dan koran atau media massa lainnnya. Kedua, aku langsung bertanya kepada para pecandu kopi kelas berat yang dengan mudah kudapatkan di kota panas dingin Surabaya. Ketiga, aku langsung turun berkeliling untuk mencoba ke Cofee Shop di kota ini. Ada dua tempat yang kukunjungi. McCafe (toni jack, red) dan Coffe Shop.  Satu lagi mau kukunjungi namun kantong sudah jebol (Starbuck Cafe).

Hasilnya………., Aku mendapatkan  berbagai tipe jenis kopi dan kepribadian unik para penggemarnya. Bagi anda yang sedang pedekate atau yang sedang ingin memanjakan pasangannya yang suka atau ngefans banget sama kopi, ini patut diperhatikan dengan seksama.

1. Kopi Instan

Ini merupakan kopi yang paling banyak diminati atau dikonsumsi masyarkat modern. Mudah dan prakatis. Tinggal beli di toko, kemudian diseduh diatas cangkir kecil, diaduk lalu siap diminum deh. Penggemar kopi ini banyak dihujat, oleh para penggemar kopi mania tentunya, sebagai penggemar kopi musiman atau sewaktu–waktu. Memang, penggemar kopi ini hanya ingin menikmati kopi sesekali dan tidak intens. Dan ini menunjukkan kepribadian mereka yang suka sesuatu dengan cepat dan segera, tanpa perlu bersusah payah. Mereka bilang: “Ngopi Saja Kok Repot?”.

2. Kopi Giling

Ada orang yang gemar minum kopi langsung dari biji kopi segar yang langsung digiling.  Bahkan terkadang mereka mempunyai alat giling sendiri secara khusus. Artinya, mereka sangat mandiri, mengerjakan sesuatunya sendiri dan menikmati semua kerja kerasnya itu.

3. Esspresso

Kopi ini sangat kuat dan hitam karena dibuat dari biji kopi dengan kadar air yang sedikit. Esspresso berasal dari mesin penggiling dari Italy. Penggemar kopi jenis ini merupakan orang-orang yang hebat, pekerja keras, suka tantangan. Beberapa penggemar ini juga ditemukan lebih kreatif, tapi juga sangat penuntut. Hemm hati-hati lo kalau punya pasangan seperti ini. Seperti kapak bermata dua miliknya Wiro Sableng hihihi….

4. Cappucino

Bila Esspresso ditambah susu diatasnya, disajikan dalam gelas besar, maka itulah cappucino. Perpaduan warna hitam esspresso dan putih susu mengingatkan orang Italy dengan pakaian para biara Cappuchin sehingga muncullah istilah Cappucino ini. Mereka yyang menyukai kopi jenis ini sangat santai dalam menjalani hidup, tidak buru-buru, seperti cappucino yang ringan namun nikmat. Namun mereka langsung marah bahkan tidak mau meminumnya jika capuccino yang dihidangkan acak-acakan atau tidak enak dilihat karena mereka tergolong orang yang sangat memperhatikan penampilan.

5. Kopi Tubruk

Kopi ini sangat terkenal di Indonesia terutama orang di pedesaan. Kopi ini berasal dari kaki gunung Kilimanjaro. Bubuk kopi diseduh bersama ampasnya. Lugu, sederhana, dan memikat setelah meminumnya. Biasa diminum tanpa gula dan dengan ampas yang mengambang diatasnya. Kekuatan utamanya pada aromanya. Sangat harum dan khas. Orang yang gemar kopi jenis ini sangat menyukai segala sesuatu yang alamiah dan apa adanya. Mereka tidak mentolerir kebohongan. Bagi mereka suatu kebenaran  akan mereka terima walaupun pahit!

6. Kopi Campuran

Banyak sekali muncul variasi kopi yang dicampur berbagai macam bahan lain untuk menunjukkan perbedaan dengan kopi yang sudah ada. Ada yang dicampur dengan arang (kopi Joss), jagung (Kopi Jagung), atau dicampur karamel, kayu manis, bahkan mocca. Semua tujuannya untuk memberi variasi rasa. Mereka, para penggemar kopi jenis ini, tidak suka sesuatu yang biasa dan standar. Mereka sangat inovatif dan supel. Jadi kalau berteman dengan mereka, kita tidak apernah bosan dengan cerita dan gaya mereka. Up to date.

7. Irish Cofee

Ini merupakan kopi Irlandia. Sangat keras karena dicampur dengan alkohol. Dua hal yang bertentangan. Yang satu membuat orang melek dan mengaktifkan kesadaran, sedangkan yang lainnya membuat pikiran terlelap. Orang-orang penyuka kopi ini kadang mempunyai sifat yang bisa berubah sewaktu-waktu. Kadang bisa gembira kadang bisa sedih. Jadi hati-hati dengan orang jenis ini. Bisa makan hati hehehe.

Mungkin hanya segitu yang baru bisa aku kumpulin dan beberapa diantaranya sudah aku rasakan. Mungkin anda punya pendapat atau informasi tambahan tentang kopi yang anda suka? Mohon ditambahkan sebagai informasi untukku.

Jadi, Kopi Apa Yang Anda Minum Hari Ini? Em En Rizal

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: