Cantiknya Si Pucuk Merah


“Hobi dengan tanaman? Bingung dengan tanaman yang bisa ditanam di depan rumah atau taman? Mungkin tanaman ini bisa jadi alternative yang bagus buat anda. Jangan sampai ketinggalan membacanya ya?” Em En Rizal

Pucuk daunnya yang merona merah mampu menarik perhatian. Tanaman seperti apa, sih, pucuk merah? Agar tak lagi bingung, temukan sejumlah faktanya sekarang juga!

Pertama mendengar namanya, orang pasti akan sedikit terkecoh dan mengira ini adalah tanaman jenis terbaru dari phillodendron atau anthurium. Mengingat namanya, seolah-olah tercipta dari tanaman hias hasil penyilangan, berupa pucuk merah yang muncul dari bonggol daun tanaman anthurium atau philodendron, alias daun muda yang berwarna menarik.

Padahal, pucuk merah (Syzygium oleana) adalah sejenis tanaman perdu yang tak sepopuler anthurium atau sejenisnya. Bentuk daunnya pun tidak sevariatif tanaman hias populer tadi. Warnanya hijau muda, bentuknya kecil agak memanjang, dengan batang yang kecil, bentuknya hampir sama seperti tanaman perdu pada umumnya.

Namun, yang istimewa dari tanaman ini adalah ujung daun mudanya yang berwarna oranye dan merah. Tak heran bila tanaman ini lalu dikenal dengan nama pucuk merah. Tajuk tanaman muda yang baru tumbuh akan menyembul indah di sela-sela daun yang menghijau. Seperti layaknya bunga di antara dedaunan.

Ternyata, tanaman berdaun unik ini masih termasuk ke dalam family yang sama dengan tanaman cengkih. Bila diperhatikan, bentuk tajuk dan daunnya pun sangat menyerupai tanaman cengkih.

Haus Sinar Matahari

Agar pucuk merah tumbuh indah, diperlukan cahaya matahari yang cukup, sehingga tunas mudanya dapat tetap berwarna merah dan akan memesonakan yang memandangnya. Adapun cara lain untuk mempertahankan keindahan pucuk merah ini adalah dengan cara dipotes dan dipangkas. Tujuannya, agar tajuk tanaman selalu terlihat merah dan bentuk tajuk tanaman lebih terjaga

Pemotesan dapat dilakukan dua minggu sekali. Caranya, pucuk-pucuk daun yang warnanya sudah memudar atau tidak lagi berwarna merah akibat menua, segera dipetik menggunakan tangan. Yang perlu diperhatikan dalam pemotesan, harus dilakukan tepat pada ruas cabang, sehingga tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas yang telah dipotes tadi. Hasilnya, tajuk tanaman kembali terlihat merah.

Selain tunas baru yang selalu akan muncul, pertumbuhan tunas baru ini pun harus merata sehingga tak tampak hanya memerah pada satu sisi saja, dan hijau pada sisi yang lain. Caranya, dapat dilakukan dengan mengubah posisi tanaman secara berkala, yaitu dengan cara memutarnya setiap dua minggu sekali.

Dengan demikian, semua sisi tanaman dapat terkena sinar matahari secara merata. Kualitas sinar matahari yang terbaik adalah di pagi hari. Tentu saja hal ini dapat dilakukan dengan mudah bila pucuk merah ditanam di media pot.

Perawatan tanaman ini juga ditentukan oleh pemangkasan yang dilakukan seacara rutin. Bentuk tajuk yang rapi, bahkan dibuat bentuk-bentuk tertentu akan menambah indah penampilannya. Pemangkasan dapat dilakukan 2-3 bulan sekali.

Bila pertumbuhannya lebih cepat dari itu, pemangkasan harus segera dilakukan demi mempertahankan bentuk tajuk sesuai dengan yang diinginkan. Tajuk pucuk merah pun akan tumbuh lebih rapat, dan tunas merah akan lebih banyak terlihat. Tentu saja, penampilan tanaman ini akan lebih indah dipandang mata.

Perawatan lain yang tak kalah pentingnya adalah pemupukan. Pemberian pupuk idealnya dilakukan 2-3 bulan sekali, dan dapat dilakukan bersamaan dengan pemangkasan. Jadi, tunggu apalagi, segera hiasi taman dan pekarangan dengan Si Cantik pucuk merah, untuk memberi nuansa tersendiri pada rumah taman Anda.

Indah Di Dalam Pot

  1. Pucuk merah dapat ditanam sebagai border atau pembatas pada dinding ataupun jalur hijau, sebagai pengarah jalan.
  2. Pucuk merah remaja juga tak kalah indah ditanam di dalam pot, sebagai bagian dari potscape dengan tajuk dibuat kerucut, atau sebagai back ground bagi tanaman berbunga dalam pot.
  3. Untuk keperluan lansekap, pucuk merah pun sangat cocok dijadikan sebagai focal point pada taman bertema tropis, diletakkan di salah satu titik pandang dalam taman.
  4. Tertarik ingin membeli tanaman ini? Dapat memilih yang sudah dibentuk kerucut dan memiliki banyak tunas muda yang tumbuh memerah, dengan tinggi tak lebih dari 1 meter saja agar tampak lebih indah. Harga pet polybag pucuk merah tinggi sekitar 50cm Rp 20-30 ribu.

Fakta Seputar Pucuk Merah

Nama latin : Syzygium oleana
Nama Lokal : pucuk merah
Famili : Myrtaceae
Perawatan : -pemotesan 2minggu sekali
-pemangkasan 2-3bln sekali
-pemupukan dengan NPK 2-3bln sekali
Fungsi : * Border
* tanaman hias dalam pot
* focal point
* tanaman pengarah
Tinggi rata-rata : 50 cm – 2 m
Daya tarik : tunas muda berwarna oranye dan merah
Keterangan lain : – memerlukan cahaya matahari penuh
– kebutuhan air sedang
– termasuk jenis tanaman evergreen
(Lucy Maulana)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: