Belajar dari Para Champion: Selalu Mencari Importir Andal


Hadi Sofian: Selalu Mencari Importir Andal

“Besar pasti ada prosesnya. Bukan tiba-tiba besar dan tanpa halangan apalagi seperti yang terjadi di sinetron-sinetron. Dan prosesnya itu butuh pengorbanan yang cukup besar. Marilah kita pahami dan ikuti strategi dari Mega Surya Mas dibawah ini. “ Em En Rizal

Kesuskesan PT Megasurya Mas menembus pasar global tak lepas dari peran Hadi Sofian. Dengan posisinya sebagai Manajer Pemasaran Senior, pria kelahiran Medan 12 Maret 1964 ini diberi tugas mengomandani timnya mengembangkan pasar ekspor. Hasilnya pun tak sia-sia. Produk andalan perusahaan ini, Harmony Fruity Soap, menjadi sabun pilihan di 118 negara. Produk lainya, Lervia Milk Soap, juga sudah ada di 30 negara.

Banyak upaya yang telah dilakukan Megasurya untuk bisa menembus pasar global yang tingkat persaingannya sangat ketat. Hadi dan timnya aktif mengikuti pameran-pameran internasional yang dikoordinasi Badan Pengembangan Ekspor Nasional, seperti di Rusia, Belanda, Tanzania, Aljazair, Afrika Selatan, India, Pakistan, Cina, Dubai dan AS.

Tak hanya itu, Hadi pun aktif berkomunikasi dengan kedutaan besar negara-negara yang potensial guna mendapatkan referensi importir dan distributor di negara itu. Untuk menindaklanjutinya, selain berkorespondensi, jika diperlukan Hadi dan timnya mengunjungi negara-negara tersebut untuk bernegosiasi langsung, atau mengundang mereka berkunjung ke pabrik Megasurya di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kami selalu mencari importir ataupun distributor yang memiliki kemampuan andal dalam mendistribusikan produk. Tujuannya agar konsumen dapat membelinya dengan mudah di mana pun mereka berada,” ujar lulusan Utah State University, AS, ini.

Apa yang ditempuh Hadi tak selamanya mulus. Berbagai rintangan serius harus ia hadapi. Misalnya di India, sabun Harmony dipalsukan. Lalu, soal bahasa jadi tantangan tersendiri pula. Arab Saudi, umpamanya, menuntut harus menyertakan penjelasan produk dalam bahasa Arab. Demikian pula di Cina, diharuskan menulis produk dan penjelasannya dalam bahasa Mandarin.

“Syukurlah, berkat keuletan dan kerja keras semua lini perusahaan, rintangan tersebut mampu dihadapi. Buktinya, pertumbuhan market ekspor rata-rata di atas 20% setiap tahun.” ucap pria yang sudah melanglang ke 60 negara ini.

(Oleh: Dede Suryadi)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: