Kuliner Malam Sidoarjo : Rawon Setan Sidoarjo, Muantaaaaaap Reeek!!


Kuliner Malam Sidoarjo : Rawon Setan Sidoarjo, Muantaaaaaap Reeek!!

By: Emen Rizal

Pekerjaan menuntut diriku harus pulang malam. Yah demi memenuhi kebutuhan hidup, kadang harus berkorban termasuk korban waktu dan tenaga. Tempat kerja yang jauh di Surabaya mau tidak mau membuatku harus berkompromi untuk pulang. Berangkat pagi-pagi kemudian pulang malam banget. Nah kadang, selama proses perjalan pulang, aku makan di beberapa tempat antara Surabaya dan Sidoarjo. Kadang tempat yang biasa banget alias PKL kadang di Café and resto namun paling banyak kumakan di kantor, dengan nasi bungkus tentunya hehehe

Nah selama ini aku suka banget makanan yang unik, khas dan tentunya enak. Makanan di Surabaya yang terkenal dengan kulinernya beberapa sudah kucoba. Rawon setan, Macam-macam Bebek goreng, Lontong Balap, sate dan gule dan puluhan kuliner lainnya. Yah maklum, hampir 11 tahun kuhabiskan hidupku di Surabaya.

Setelah pindah ke sidoarjo, aku agak kesusahan mencari makanan yang sesuai lidahku. Seperti malam ini, aku pusing cari makan di malam hari. Memang rumahku yang terletak di pusat kota tidak akan membuatku kelaparan. Di alun-alun terdapat ratusan PKL dengan makanan yang unik dan enak-enak. Gak suka, bisa bergeser di sekitar GOR delta. Disini banyak sekali orang yang jualan. Masih gak puas? Ada banyak warung atau restoran di taman pinang dan depan RS Delta Surya.

Karena habis menonton liputan tentang makanan yang unik dan khas, aku pun mencoba mencari yang khas. Namun ketika melihat jam yang sudah menunjukkan pukul 11 lebih, aku memutuskan mencari makan yang selalu kusinggahi ketika pulang dari luar kota. Rawon Setan versi Sidoarjo

Rawon Setan Sidoarjo

Rawon ini bagi orang sidoarjo sering disebut Rawon  Setan. Pertama kali kesini, aku diajak teman. Letaknya di jalan Gajah Mada Sidoarjo. Yah namanya rawon ya seperi itulah. Sueger dan nikmat bila dimakan pas dingin-dingin seperti malam ini. Pertama kali makan, aku pesan rawon plus otak-otak. EHm nikmat.

Ternyata rawon ini pun ada sejarahnya. Temanku ini bilang, dulu warung ini letaknya didalam pasar, di Gajah Mada juga. Tapi karena satu dua hal, ada karyawan yang membuka warung rawon sendiri tapi di jalan utama GajahMada dan sialnya, warung karyawannya ini lebih rame lagi daripada warung  pendirinya. Akhirnya yang punya warung ini pun menggeser warungnya ke depan. Nah akhirnya warung atau toko mereka pun berhadap-hadapan.

Kalo pertama kali aku makan di warung yang aslinya, nah malam ini aku mencoba yang karyawannya. Aku langsung memesan seperti biasa, Rawon dengan daging tentunya plus otak-otak. Dengan cepat aku dilayani. Tanpa babibu karena aku lapar berat langsung deh kupindahkan isi dalam piring ke dalam perutku hehe. Dan hasilnya….hampir mirip. Namun secara pribadi aku bilang yang asli atau yang sebelah kanan jalan lebih enak. Baik rawonnya, dagingnya, otak-otakny apalagi tempenya, lebih mantaap yang aslinya.

Yah pertarungan merek yang sama yang dilator belakangi perseteruan dan mengklaim yang asli, sudah jamak terjadi. Di Surabaya ada Bakso Sedap Malam yang saling klaim yang asli. Bukan hanya dua namun sampe 3 warung yang mengklaim dan uniknya berjajar-jajar. Nah rawon Setan Sidoarjo ini saling berhadapan. Untungnya ada perbedaan nama diantara keduanya namun tetep bilang merekalah yang asli.

Bagiku, yang asli adalah nasi dan rawonnya, yang buat nggak masalah asli atau bukan, toh kedua-duanya sama-sama enak. Nah yang palsu tuh klo bahan dan ramuannya dari bahan-bahan nggak asli alias palsu dan menggunakan bahan-bahan yang mengandung bahan berbahaya hehehe. Oke deh, sampe ketemu lagi di Kuliner berikutnya….nyam nyam nyaaaaam (Emen Rizal, 23 April 2011)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • nopan  On July 18, 2013 at 5:19 am

    di surabaya ada juga. jadi bingung yang asli yg mana

    • emenrizal  On February 25, 2014 at 4:26 am

      Yang sidoarjo itu namanya rawon Gajah Mada, tp krn Bukanya Malam, sering disebut rawon setannya sidoarjo bos. Ga ada ada hub nya ama rawon setan asli yg di surabaya

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 363 other followers

